Langsung ke konten utama

SMAN 1 Boyolangu | SMA BOY Tulungagung | Art Galery SMABOY


Di Pinggiran Lapangan Sepak Bola SMAN 1 Boyolangu, kita akan temui Art Galery SMABOY. Art Galery ini merupakan salah satu ruangan khusus untuk display kesenian dan kerajinan tangan Siswa SMA 1 Boyolangu. Ada Apa sajakah di Art Galery ini??


Art Galery SMABOY ini menghadap langsung ke Lapangan SMAN Boyolangu Tulungagung. Namanya juga art yang berarti seni,, maka di dalamnya pun seharusnya kita mendapati kesenian yang menarik hati ini untuk melihatnya.... hmmm dan ini pantas untuk Sekolah SMA Favorit di Tulungagung untuk menampilkan kesenian yang rupawan dengan tema abstrak di dalamnya. :) 


Waw... luar biasa art galery ini,, kesenian yang abstrak akan tampak pada benak anda,, lihatlah,, bangku-bangku berserakan, bahkan sarana dan prasarana lab bahasa juga dipindah kesini. Hhmmmm luar biasa....



Art Galery SMABOY



Art Galery SMAN 1 Boyolangu


Galeri Seni SMAN 1 Boyolangu

Art Galery SMABOY

Art Galery SMABOY Tulungagung Jatim



Galeri Kesenian SMABOY



Aditya Rizky XI IPA 3,, bukunya ketinggalan di Art Galery
SMABOY











Bagi anda yang suka melukis atau mematung baca ini:

Dari Sa’id bin Abil Hasan, ia berkata,

كُنْتُ عِنْدَ ابْنِ عَبَّاسٍ – رضى الله عنهما – إِذْ أَتَاهُ رَجُلٌ فَقَالَ يَا أَبَا عَبَّاسٍ إِنِّى إِنْسَانٌ ، إِنَّمَا مَعِيشَتِى مِنْ صَنْعَةِ يَدِى ، وَإِنِّى أَصْنَعُ هَذِهِ التَّصَاوِيرَ . فَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ لاَ أُحَدِّثُكَ إِلاَّ مَا سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَقُولُ سَمِعْتُهُ يَقُولُ « مَنْ صَوَّرَ صُورَةً فَإِنَّ اللَّهَ مُعَذِّبُهُ ، حَتَّى يَنْفُخَ فِيهَا الرُّوحَ ، وَلَيْسَ بِنَافِخٍ فِيهَا أَبَدًا » . فَرَبَا الرَّجُلُ رَبْوَةً شَدِيدَةً وَاصْفَرَّ وَجْهُهُ . فَقَالَ وَيْحَكَ إِنْ أَبَيْتَ إِلاَّ أَنْ تَصْنَعَ ، فَعَلَيْكَ بِهَذَا الشَّجَرِ ، كُلِّ شَىْءٍ لَيْسَ فِيهِ رُوحٌ “

Aku dahulu pernah berada di sisi Ibnu ‘Abbas –radhiyallahu ‘anhuma-.
Ketika itu ada seseorang yang mendatangi beliau lantas ia berkata,
“Wahai Abu ‘Abbas, aku adalah manusia yang mempunyai penghasilan berasal dari hasil karya tanganku. Aku biasa membuat gambar seperti ini.”

Ibnu ‘Abbas kemudian berkata,
“Tidaklah yang kusampaikan berikut ini selain dari yang pernah kudengar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Aku pernah mendengar beliau bersabda,
Barangsiapa yang membuat gambar, Allah akan mengazabnya hingga ia bisa meniupkan ruh pada gambar yang ia buat. Padahal ia tidak bisa meniupkan ruh tersebut selamanya.
Wajah si pelukis tadi ternyata berubah menjadi kuning.

Kata Ibnu ‘Abbas,
“Jika engkau masih tetap ingin melukis, maka gambarlah pohon atau segala sesuatu yang tidak memiliki ruh.”
(HR. Bukhari no. 2225)



Orang yang Paling Berat Siksanya di hari kiamat adalah perupa/pematung makhluk yang bernyawa

إِنَّ أَشَدَّ النَّاسِ عَذَابًا عِنْدَ اللَّهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الْمُصَوِّرُونَ
“Sesungguhnya orang yang peling berat siksanya di sisi Allah pada hari kiamat adalah al mushowwirun (pembuat rupa/pematung).”
(HR. Bukhari no. 5950 dan Muslim no. 2109).




 اَلصُّوْرَةٌ الرَّأْسُ ، فَإِذَا قُطِعَ فَلاَ صُوْرَةٌ
“Patung (Makhluk yang bernyawa ) itu adalah (jika ada) kepala, jika kepalanya dihilangkan maka tidak lagi disebut (Patung Makhluk yang bernyawa).”
(HR. Al-Baihaqi 7: 270. Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini shahih dalam As Silsilah Ash Shohihah no. 1921)

Komentar